Business to Bussiness (B2B)

Published Desember 25, 2011 by Meochan

Definisi

Merupakan system komunikasi bisnis antar pelaku bisnis atau transaksi secara elektronik antar perusahaan yang dilakukan secara rutin dan dalam kapasitas produk yang besar. Hal ini berarti kedua pihak yang melakukan transaksi adalah perusahaan, organisasim, nirlaba atau pemerintah.

 

Konsep B2B (Business to Business)

Transaksi bisnis dijalankan melalui internet, ekstranet, intranet atau jaringan intern perusahaan, juga dikenal sebagai eB2B (elektronik B2B).

 

Karakteristik Business to Business

Trading Partner

Pertukaran informasi hanya berlangsung di antara mereka dan karena sudah mengenal, maka pertukaran dilakukan atas dasar kebutuhan dan kepercayaan.

Pertukaran data dilakukan secara berulang dan berkala dengan format data yang telah disepakati. Jadi, service yang dipergunakan antar kedua system tersebut sama dan menggunakan standar yang sama.

Salah satu pelaku tidak wajib menunggu partner mereka yang lainnya untuk mengirimkan data.

Model yang umum digunakan adalah peer to peer, dimana  processing Intelligence dapat didistrubiskan dikedua pelaku bisnis.

 

Model B2B (Business to Business)

Model Business to Business

“Yaitu penjualan produk/jasa antar perusahaan atau antar badan bisnis.”

 

B2B (Business to Business) Exchange

Gagasan dasar dari B2B (Business to Business) Exchange adalah membuat suatu perusahaan lebih mudah untuk menemukan barang-barang atau peralatan yang mereka butuhkan, bertransaksi dengan cepat dan lengkap, dan untuk menyimpan uang sampai ada produk yang diperjual-belikan dengan skala besar.

 

Klasifikasi B2B (Business to Business) Exchange

  1. Systematic Sourcing :  pembelian dilaksanakan dalam jangka panjang (hubungan antar supplier dengan pembeli).
  2. Spot Sourcing             :  pembelian tidak direncanakan, dibuat seperti membeli kebutuhan.
  3. Vertical Exchange      :  suatu pertukaran yang anggotanya adalah di (dalam) [satu/orang] industry atau industry segmen.
  4. Horizontal Exchange :  suatu pertukaran yang menangani material menukar/menambah beberapa industry yang berbeda.

 

Aktifitas B2B (Business to Business)

Gathering of Market Intelligence

ð  Mengumpulkan informasi secara lengkap mengenai produk yang ingin dibeli atau jasa yang ingin dipergunakan.

ð  Mulai dari spesifikasi, service, kualitas dan kuantitasnya.

 

Prepurchasing (langkah-langkah mengawali sebuah pemesanan)

ð  Menyiapkan proposal pembelian.

ð  Melakukan survey mengenai banyaknya permintaan.

ð  Menyediakan spesifikasi.

ð  Negosiasi

 

Purchasing (langkah-langkah dalam penetapan order)

ð  Menyiapkan pemesanan (ordering).

ð  Persetujuan pengiriman (delivery).

ð  Persetujuan pemesanan (acknowledgement).

 

Shipping & Penerimaan Barang

ð  Menginformasikan jadwal pengiriman barang.

ð  Mendapatkan faktur penerimaan barang.

 

Pembayaran

ð  Pembayaran dilakukan melalui bank atau dapat dilakukan secara online.

 

B2B (Business to Business) Marketplace

Marketplace

One to Many     :  pasar yang dikelolah oleh satu perusahaan (supplier) yang menyediakan mulai dari catalog penawaran produk dan harganya.
Many to One     :  pasar yang dikelola oleh banyak perusahaan (supplier) untuk mendapatkan satu pembeli dengan cara tender.
Some to Many  :  gabungan dari beberapa perusahaan sejenis yang menggabungkan produk-produk mereka untuk ditawarkan kepada banyak pembeli.
Many to Some  :  perusahaan-perusahaan yang menggabungkan catalog pembelian mereka untuk menarik perusahaan supplier untuk mendapatkan harga yang lebih murah.
Many to Many   :  pasar yang dikelolah oleh banyak perusahaan (supplier) dan banyak perusahaan pembeli yang memungkinkan untuk terjadinya proses lelang yang dinamis.

 

Contoh WEB B2B (Business to Business)

Pure Play (B2B (Business to Business) Online Murni)

 

Click and Mortar (Partial B2B (Business to Business))

 

Pendorong lahirnya Business to Business (B2B)

  • Globalisasi
  • Mengurangi sekat untuk masuk  (Reduced barriers to entry)
  • Deregulasi (De-regulation)
  • Increased number of supplier
  • Permintaan konsumen dan tekanan harga
  • Tekanan untuk mereorganisasi nilai rantai

 

 

Analisis Business to Business (B2B)


Resume B2B (Business to Business)

Kelompok ini disebut sebagai transaksi antar perusahaan. Perusahaan, pemerintah dan organisasi lainnya bergantung pada komunikasi antar computer sebagi sarana bisnis yang cepat, ekonomis dan dapat dihandalkan. Perusahaan kecil saat ini sudah mulai tertarik dengan keuntungan yang diperoleh melalui B2B (Business to Business). Transaksi pada B2B (Business to Business) menggunakan EDI dan e-mail untuk pembelian barang dan jasa, informasi dan konsultasi. Selain itu juga digunakan untuk pengiriman dan permintaan proposal bisnis.

EDI (Elektronik Data Interchange) adalah sebuah metode pertukaran dokumen bisnis antar aplikasi computer – antar perusahaan/instansi secara elektronis dengan menggunakan format standar yang telah disepakati.

 

Analisis Jalin Trade (Jalintrade.com) terhadap Business to Business (B2B)

Jalin Trade merupakan sebuah e-marketplace, penyedia jasa utama dalam bisnis e-procerement (pengadaan atau logistik) secara online, yang mencakup e-Sourcing, e-Auction, Contract Management dan Source Intelligent.

Jalin Trade adalah hasil kerjasama PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. dengan PT.Trimera Media Utama pengembang Jalin Trade.

Jalin Trade memiliki platform yang kuat dan didukung oleh teknologi kelas dunia dari pemimpin industri seperti Commerce One dan Microsoft. Commerce One adalah penyedia solusi e-Commerce kelas dunia yang menyediakan solusi e-MarketPlace Jalin Trade bersama system operasi dan database dari Microsoft.

Jalin Trade sangat mendukung model bisnis Business to Business (B2B), yang mempertemukan antara penjual dan pembeli dimana keduanya merupakan entitas bisnis.

Dengan Jalin Trade proses pengadaan barang atau jasa (procurement) dapat dilakukan secara transparan. Informasi mengenai syarat dan spesifikasi barang atau jasa, maupun kesempatan, dibuka lebar kepada semua pihak. Hal ini dapat dilakukan karena adanya proses lelang (auction). Pada proses ini, terjadi negosiasi atau kompromi, kepada pihak penyedia atau supplier (pemasok). Buyer dapat menekan biaya hingga titik terendah tanpa harus berkompromi dengan spesifikasi, sehingga buyer akan mendapatkan cost of gold sold yang terbaik dalam men-deliver produknya kepada para pelanggannya. Dengan proses yang transparan ini juga, para pemasok dapat berkompetisi secara sehat dan terbuka, dalam menawarkan harga yang paling rasional.

Jalin Trade menyediakan solusi untuk e-Commerce melalui otomatisasi transaksi, optimasi supply chain, Business Intellegence dan collaboration. Dengan Jalin Trade, pembeli dan supplier dapat menjalankan aktivitas bisnisnya dari mana saja, bersifat global serta bertransaksi barang dan jasa secara online, real time, 24 hours one day, 7 days a week. Pelanggan Jalin Trade akan dihubungkan ke Global Trading WEB, yaitu komunitas pasar dunia terbesar serta ke market place regional yang menyediakan akses berbagai macam produk dan jasa. Global Trading WEB merupakan komunitas lebih dari 164 e-Marketplace dan beranggotakan lebih dari 600.000 trading partner di seluruh dunia.

Jalin Trade e-Auction adalah solusi real time online untuk otomatisasi proses lelang (auction) secara terintegrasi dalam suatu jaringan bisnis. Disediakan bagi usaha Anda, baik sebagai pembeli maupun sebagai penjual, untuk meningkatkan pendapatan, mengurangi biaya dan meningkatkan persaingan melalui media Internet. Mendukung auction model “forward” dan “reverse” dan berbagai tipe auction mulai dari tipe “english auction” sampai dengan “MVB auction” untuk menghasilkan lelang dengan harga terbaik, membantu mengurangi kelebihan stock inventory atau pun inventory management. Ia juga mendatangkan solusi cepat, efisien dan aman sebab Jalin Trade e-Marketplace adalah solusi hosting, dimana seluruh software dan hardware disediakan pada Data Center dan dapat segera digunakan begitu Anda memutuskan untuk menggunakannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: